Demi meningkatkan Investasi Gorontalo, butuh siapkan SDM bidang Promosi di Kabupaten dan Kota yang Paham Kebutuhan Investor

GORONTALO  – Dalam rangka menyamakan persepsi tentang penyiapan strategi promosi penanaman modal kewenangan provinsi, Dinas Penanaman Modal ESDM dan Transmigrasi telah mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Penyiapan Database Promosi Investasi 2021 di Hotel Aston tanggal 9 April 2021.

Rakortek ini dihadiri oleh aparatur yang membidangi promosi pada SKPD penanaman modal dan instansi terkait lainnya dari kabupaten dan kota se provinsi Gorontalo. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penguatan tentang tata cara penyiapan database promosi investasi dalam bentuk feasibility study dan praktek penyusunan pra feasibility dan praktek penyusunan pra feasibility study.

“Investasi penting bagi daerah ini, dimana dengan adanya investasi akan memasukkan modal (capital) dan sumber anggaran pembangunan, transfer teknologi dan penciptaan lapangan kerja bagi provinsi Gorontalo” papar Kepala Bidang Penanaman Modal pada Dinas PMESDMTRANS Provinsi Gorontalo Bapak Drs. Musanif Niode, M.Ec.Dev dalam sambutannya di Hotel Aston Kota Gorontalo, Jumat (09/04/2021).

“Promosi investasi menjadi sangat penting untuk memperkecil kesenjangan informasi, menampilkan citra yang baik dan menjadikan daerah siap bersaing dengan daerah lain” tambahnya.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini memberikan penguatan bagi aparatur dalam menyiapkan daerahnya menjadi daerah tujuan investasi. Penyiapan paket investasi daerah semakin akurat jika didukung oleh ketersediaan dokumen kajian kelayakan investasi (Feasibilty Study). Dengan adanya FS akan secara obyektif dan rasional mengungkap kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman dari bisnis yang ada atau investasi yang diusulkan agar investasi sukses dalam jangka panjang.

“Dua kriteria penting dalam menyusun dokumen feasibility study adalah menilai kelayakan biaya yang dibutuhkan investor dan keuntungan yang akan diperoleh investor” tutur bapak      DR. Ir. Rusthamrin H. Akuba, MS yang turut menjadi menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Di sesi akhir kegiatan peserta rakortek juga memperoleh sosialisasi singkat tentang Aplikasi Promosi Potensi Investasi Gorontalo (APPIG) yang dibangun oleh pemerintah provinsi untuk mempermudah investor / masyarakat dalam mendapatkan informasi paket investasi yang ada di kabupaten dan kota se provinsi Gorontalo.

Materi APPIG disampaikan oleh Hayati Kaluku, SS. MM  Narasumber dari Dinas Penanaman Modal ESDMTRANS Provinsi Gorontalo, Kepala Seksi Perencanaan Promosi dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *