https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2019/10/07/34/1446308/menhub-restui-asing-garap-proyek-infrastruktur-transportasi-2d2.jpgJAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya mengatakan, pihaknya memperbolehkan swasta asing untuk ikut melakukan proyek pembangunan infrastruktur seiring dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin terus meningkatkan pembangunan. Nantinya investasi swasta asing ini akan digaet lewat skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU)

“Presiden mengatakan beri kesempatan swasta asing masuk ke investasi sektor perhubungan, membangun infrastruktur dengan begitu banyak,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Maka guna meningkatkan pembangunan infrastruktur, pihaknya menginstruksikan agar Angkasa Pura II (AP), serta Bappenas untuk memudahkan investor asing dalam berinvestasi dalam proyek infrastruktur. Hal ini menjadi sinyal infarstruktur masih akan menjadi perhatian serius pemerintah pada periode kedua pemerintahan Jokowi, mengiringi pengembangan SDM yang juga jadi prioritas nasional.

“Ini proses yang sangat penting, saya minta tim Bappenas dan lainnya memberi keterangan sejelas-jelasnya kepada investor. Kami memberikan kesempatan one on one diskusi, dan presiden menginginkan agar konektivitas itu bukan hanya di Jawa saja,” jelasnya.

Menhub menambahkan, Bandara Singkawang memiliki potensi diaspora alias masyarakat yang berada di luar daerah dan menjadi potensi penumpang bagi bandara. “Kalau bicara Singkawang, Bu Walkot sampaikan bahwa Singkawang punya keuntungan potensi diasporanya banyak di dalam maupun luar negeri. Kita harapkan Singkawang jadi KPBU dari awal dibangun,” tandasnya.

(akr)