TARIK INVESTASI, PEMPROV GORONTALO GENJOT PENYELESAIAN PENYUSUNAN RUPM KABUPATEN DAN KOTA

TARIK INVESTASI, PEMPROV GORONTALO GENJOT PENYELESAIAN PENYUSUNAN RUPM KABUPATEN DAN KOTA

GORONTALO – Dalam rangka menyusun strategi promosi penanaman modal kewenangan provinsi Dinas Penanaman Modal ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo kembali melaksanakan Kegiatan Rapat koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Kegiatan Promosi dalam Rencana Umum Penanaman Modal Provinsi/Kabupaten/Kota  (RUPMP/K) di Ruang Saronde Hotel Aston Kota Gorontalo Senin 21 Maret 2022.

Rakorev tersebut dilaksanakan untuk membahas tentang bagaimana mengidentifikasi Peluang Investasi daerah yang mengacu pada Rencana Umum Penanaman Modal Provinsi / Kabupaten /Kota.  Peluang investasi yang dibahas meliputi Rencana Proyek Penanaman Modal yang strategis dan yang cepat menghasilkan. Dalam kegiatan ini peserta diberikan pemahaman tentang tatacara penyusunan RUPMP/K sesuai dengan Perpres No.16 Tahun 2012 tentang RUPM dan Perka BKPM RI No. No 9/2012 tentang Pedoman Penyusunan RUPMP dan RUPMK.

“Pelaksanaan kegiatan hari ini juga untuk memberikan penguatan bagi aparatur Pejabat Struktural/Fungsional dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab/kota yang mebidangi Perencanaan Penanaman Modal, Promosi Penanaman Modal dan pengembangan iklim Penanaman Modal dalam mengevaluasi isi dari RUPMK yang telah disusun oleh masing masing daerah, apakah rencana untuk memfasilitasi proyek penanaman modal stratgis nya sudah terlaksana atau belum, apakah RUPMP/K tiap daerah dalam penyusunannya sudah sesuai dengan format yang ada dalam Perka BKPM Nomor 9 tahun 2012. Kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan RUPMP/K tiap daerah ini akan dijadikan bahan untuk mereview kembali RUPMP/K yang telah disusun” jelas Ibu Ir. Rugaiya Biki Selaku Sekretaris DPMESDMTRANS Provinsi Gorontalo sekaligus Narasumber diacara tersebut.

“Rencana penanaman Modal yang konsisten dalam Jangka Panjang, merupakan salah satu solusi untuk memenangkan persaingan dengan daerah lain di Indonesia, utamanya dalam menarik investasi” tambah Rugaiya

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pembangunan sistem promosi investasi bernama Aplikasi Promosi Penanaman Modal Investasi Gorontalo (APPIG) dan ditahun 2022 telah diupdate menjadi APPIG+. Aplikasi APPIG ini adalah sistem yang memuat paket peluang investasi baik yang masih berbentuk pra feasibility study  maupun yang sudah memiliki kajian study kelayakan (Feasibility Study(FS))” tuturnya. 

Rapat yang berlangsung sehari ini juga turut dihadiri oleh enam orang Tenaga Ahli yang akan menyusun Proposal Proyek Peluang Penanaman Modal dan 12 Tenaga Admin Pengelola Aplikasi APPIG kabupaten/Kota serta 45 orang peserta lainnya perwakilan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten/Kota.